Jumat, 12 November 2010

KESELAMATAN KERJA PADA MESIN BOR


Keselamatan Kerja Pada Mesin Bor Ada Tiga:
A.     Keselamatan pada si pekerja.
B.     Keselamatan pada mesin.
C.     Keselamatan pada benda kerja.

A.      Keselamatan Pada Si Pekerja.
Dalam praktek bengkel si pekerja harus memakai pakaian praktek, sepatu kulit, kaca mata, sarung tangan dan lain sebagainya.
1.  Pakaian praktikan harus rapi dan tidak ada bagian yang terbuka pada waktu mengebor.
a.       Terutama baju. Baju harus dikancingkan dari atas sampai bawah, sebab bram yang panas bisa masuk kedalam baju.
b.      Kancing lengan baju (untuk baju lengan panjang) harus terkancing, sebab hal ini akan mengganggu  pada waktu melakukan pengeboran.

  1. Sepatu Kulit ;  Dalam praktek untuk menghindari benda-benda kerja yang tertumpuk. Dan kemungkinan benda jatuh, jepitan benda lain.
  2. Kaca Mata ;  Pada waktu melakukan pengeboran diharuskan memakai kaca mata untuk melindungi mata kita sendiri, sebab pada waktu pengeboran banyak bram yang bisa melesat  ke mata.
  3. Sarung Tangan ;  Pada waktu melakukan pengeboran, si pekerja tidak boleh memakai sarung tangan, untuk menjaga tangan dari belitan mesin bor. Sarung tangan perlu dipakai apabila mesin bor dalam keadaan berhenti dan untuk memegang benda kerja yang panas.
  4. Lain-lain ;  Rambut tidak boleh panjang dalam pekerjaan mengebor. Apabila berambut panjang harus memakai topi pengaman dan rambut dijalin.

B.      Keselamatan Pada Mesin.
Dalam proses pengerjaan megebor, khususnya si pekerja harus ingat akan perlengkapan mesin bor tersebut.
Misalnya, akan mengebor : Perlengkapannya ; pelumas, putaran mesin dan kondisi mesin.
C.    Keselamatan Pada Benda Kerja.
Pada waktu pengeboran, benda kerja kecil harus dicekam dengan ragum atau alat lainnya, agar supaya tidak lari apabila di bor. Benda kerja harus di titik dulu sebelum di bor, sebab akan mengakibatkan tidak tepat pada ukuran yang diinginkan, akhirnya benda kerja afkir.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar